Rabu, 31 Juli 2013


Pasir Besi Sebagai Bahan Baku Semen

Pasir Besi adalah salah satu komponen penting untuk pendukung bahan baku semen
Pasir besi adalah salah satu hasil dari sumber daya alam yang ada di Indonesia dan merupakan salah satu bahan baku dasar dalam industri besi baja dimana ketersediaannya dapat dijumpai di daerah pesisir seperti di pesisir pantai Jawa sebelah utara maupun pesisir pantai selatan jawa, Sumatra, Kalimantan Timur, Sulawesi, dan Kabupaten Lombok Timur (NTB).

Selain sebagai bahan baku industri baja, pasir besi juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam industri semen dalam pembuatan beton. Pasir besi yang mempunyai kandungan Fe2O3, SiO2, MgO dan ukuran beton 80-100 mesh dengan kandungan Fe di kisaran 50%, berpotensi untuk digunakan sebagai pengganti semen dalam produksi beton berkinerja tinggi. Hasil penelitian menunjukkan :

(1) Pemakaian pasir besi sebesar 80 % dari berat pasir total memberikan kuat tekan maksimum diantara kadar pasir besi yaitu 42,65 MPa dan dapat meningkatkan kuat tekan sebesar 28,41 % dibandingkan beton normal.
(2) Pemakaian pasir besi sebesar 80 % dari berat pasir total memberikan kuat tekan maksimum diantara kadar pasir besi yaitu 3,07 MPa dan meningkatkan kuat tarik belah sebesar 4,84 % dibandingkan beton normal.
(3) Pada pasir besi ini meningkatkan kuat tekan dan kuat tarik belah hingga 80 %, hal ini dimungkinkan karena selain sifat filler juga sifat kimiawi pasir besi yang mengandung SiO2 sehingga membantu kinerja semen sebagai bahan pengikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar