Senin, 24 Juni 2013


Apa Itu SCC ?



Seft Compacting Concrete ( SCC )

Beton dengan kinerja pemadatan mandiri atau seft compacting concrete (SCC) merupakan suatu konsep inovatif untuk menghasilkan beton yang dapat “mengalir” namun tetap kohesif dan bermutu tinggi.

Pada dasarnya, self compacting concrete yang diproduksi dengan menggunakan bahan tambahan superplasticizer berbasis polimer, silicafume, dan bahan tambahan lain yang specifik, serta ukuran agregat yang terbatas (biasanya < 20 mm), dapat memberikan keuntungan sebagai berikut. Pada beton segar (fresh concrete), tingkat kelecakan (workability) yang tinggi, akan melewati tulangan yang rapat dan memenuhi semua tempat di dalam cetakan, dan padat secara mandiri (minim getaran). Juga, kemudahan dalam pengecoran, khususnya untuk pemompaan ke posisi yang tinggi.

Pada beton yang sudah mengeras (hardened concrete), keungtungan antara lain, beton yang padat dan cenderung kedap air, kekuatan yang tinggi dan susut yang rendah bila digunakan w/c yang rendah, keawetkan jangka Panjang yang lebih baik dan penghematan energi untuk pemompaan dan penggetaran. Selain itu, pengurangan tingkat kebisingan, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan para pekerja ataupun lingkungan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar