Senin, 24 Juni 2013


Semen Merah Putih Pasok Pasar Indonesia



Produsen semen Merah Putih menyatakan siap memasok satu juta ton ke pasar pada tahun ini setelah sejak bulan Juni 2012 lalu hadir sebagai pemain baru di Indonesia. “Tahun ini kami siap pasok pasar satu juta ton dan akan terus bertambah tiap tahun,” kata Dirut Semen Merah Putih Aan Selamat, Aan mengatakan bahwa kebutuhan semen di Indonesia sedang naik drastis, dan ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. “Kami melihat pasar yang terbuka lebar, dan kehadiran kami bukan sebagai kompetitor bagi yang lain, tetapi sebagai pilihan produk-produk yang telah lebih dahulu ada,” kata Aan. Dari data yang dipublikasikan Departemen Perindustrian, kebutuhan semen secara nasional pada tahun 2011 mencapai 48 juta ton.

Jumlah tersebut meningkat 17,7 persen atau 40,8 juta ton dibandingkan kebutuhan semen tahun 2010 lalu. Saat ini semen Merah Putih diproduksi oleh Chinfon Cement Corporation Vietnam yang merupakan “sister company” dari PT Sarana Agra Gemilang (SAG), perusahaan yang telah lebih dahulu sukses menghidupkan kembali dan meningkatkan kualitas Semen Kupang. Grup ini sekarang menyiapkan pabrik di Banten untuk terus meningkatkan kapasitas produksinya di Indonesia.

Semen Merah Putih ini juga telah mengantongi Standar Nasional Indonesia (SNI), “Kami tidak khawatir dengan kualitas, karena semen kami terbukti dicari, konsumen nanti yang akan memutuskan,” kata Aan. Terlebih, lanjutnya, semen ini juga telah mengantongi beberapa standart international di Vietnam. Aan juga menjelaskan bahwa semen Merah Putih telah teruji dalam beberapa proyek besar di Vietnam, seperti airport, pelabuhan, jembatan dan powerplant. “Salah satu proyek besar yang melibatkan kami adalah pembangunan Lach Huyen Deep Sea Port Project senilai 1 miliar dolar AS,” katanya.

Dia juga yakin dengan persaingan di Indonesia karena dari beberapa tes pasar yang dilakukan, pasar Indonesia menyambut baik semen Merah Putih, “Kami senang karena distributor dan pasar sangat menerima kami,” katanya. Semen berlogo badak di tengah lingkaran ini telah masuk sebagian wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan dengan kemasan zak 40 kg dan 50 kg, katanya, akan terus melakukan penetrasi pasar, sehingga menjadi pilihan konsumen.

Chinfon Cement Corporation merupakan produsen semen asal Vietnam yang didirikan pada tahun 1992. Produsen semen ini beberapa kali mendapatkan penghargaan atas kualitas produknya, seperti Golden Dragon Prize 2010-2011 dari Vietnam Economic Times & Departemen Perencanaan dan Investasi sebagai Produk Terfavorit dan Berkualitas oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar